Selasa, 01 November 2016

contoh proposal usaha apotek



PROPOSAL
USAHA APOTEK


Ditujukan Kepada:
Bank Rakyat Indonesia

Oleh:
Ayu Diadara
Dinni Restya Cahyani
Fransiska Goreti Sitorus
Rahma wati


Jl. Baru Air Sebakul, No.80, RT.09, RW. 02, Kel. Pagar Dewa, Kec. Selebar Kota, Bengkulu
Telp. 081367858076
BAB I
PENDAHULUAN


1.1            DASAR GAGASAN USAHA
Apotek merupakan suatu instansi yang memiliki dua fungsi, yang pertama sebagai pelayanan kesehatan (non profit oriented). Dalam fungsinya sebagai unit pelayanan, fungsi apotek adalah menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Dari fungsi yang pertama ini, maka apoteker harus dalam wajah yang sosial, penuh nilai etika dan moral. Sedangkan fungsinya yang kedua sebagai instansi bisnis, apotek selayaknya untuk mendapatkan keuntungan (profit) mengingat investasi yang ditanam pada pendirian operasionalnya juga tidak sedikit. Namun apotek bukan hanya suatu badan usaha yang semata-mata hanya mengejar keuntungan saja tetapi apotek mempunyai fungsi sosial yang menyediakan, menyimpan dan menyerahkan perbekalan farmasi yang bermutu baik dan terjamin keabsahannya.
Semakin hari permintaan akan obat-obatan semakin meningkat, mulai dari obat resep, obat generic, vitamin dan lain-lain. Selain itu banyaknya keluhan masyarakat yang lokasinya jauh dari rumah sakit bahwa sulit untuk mendapatkan akses obat-obatan menjadikan dasar gagasan kami untuk mendirikan usaha apotek ini. yaitu untuk memenuhi permintaan obat-obatan masyarakat. Kami yakin pendirian usaha apotek ini akan menjanjikan sebagai bisnis kedepannya. Selain untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat kami percaya usaha ini nantinya akan mencapai target penjualan dan tujuan usaha secepat mungkin. Dimana dalam rangka pendirian usaha apotek ini kami memerlukan dana untuk berbagai kebutuhan, seperti pembangunan gedung, pembelian bahan operasional, peralatan kesehatan, dan perabotan pendukung lainnya.

1.2  VISI DAN MISI USAHA

VISI :
"Menjadi Apotek modern yang berbasis pelayanan kepada masyarakat, selalu berusaha memberikan solusi, ramah, namun harganya tetap terjangkau, sehingga pelayanan yang prima bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan status sosial"

MISI :
1.      Melakukan konseling yang baik kepada pasien
2.      Menyediakan obat-obatan dengan kualitas yang baik
3.      Memberikan pelayanan kesehatan yang optimal
4.      Memberikan pelayanan dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi sehingga pelanggan merasa dihargai dan puas terhadap pelayan kami.
5.      Senatiasa membangun kemitraan yang saling menguntungkan bagi siapa saja bekerja sama dengan kami.
6.      Membuka hubungan baik antara pasien dan apoteker serta meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja apotek dan pemilik modal.


1.3             TUJUAN USAHA

Tujuan dari pendirian usaha Apotek ini adalah untuk memperluas akses obat terjamin kepada masyarakat. Selain memperluas akses, apotek ini juga bertujuan untuk menertibkan peredaran obat-obat palsu dan ilegal, serta memberikan kesempatan pada apoteker untuk memberikan pelayanan kefarmasian.
Dalam upaya usaha untuk memajukan kesejahteraan umum yang berarti mewujudkan suatu tingkat kehidupan secara optimal, yang memenuhi kebutuhan manusia termasuk kesehatan, diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan obat. Dengan demikian, seorang (APA) dalam menjalankan profesi apotekernya di apotek tidak hanya pandai sebagai penanggung jawab teknis kefarmasian saja, melainkan juga dapat mengelola apotek sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis tanpa memberikan keuntungan kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan semata melainkan juga memiliki fungsi sosoial di masyarakat.

1.4             IDENTITAS APOTEK
Supplier obat                                   :    PT. Anugrah            
Nama Apotek

Alamat
:

:
Apotek Dasidira Farma ( Dara, Siska, Dinni, Rahma)
Jl. Baru Air Sebakul, No.80, RT.09, RW. 02
Kel. Pagar Dewa, Kec. Selebar Kota
Bengkulu
Alamat
:

Apotek Pengelola Apotek (APA)


-          Nama
:
Mukarromah Ditta Putri, S.Farm., Apt.
-          Alamat
:
Jl. Hibrida 10 No. 15, RT 16 RW 06
Kel. Sidomulyo, kec. Gading Cempaka
Bengkulu
Pemilik Sarana Apotek (PSA)


 Nama
:
Ayu Diadara
Dinni Restya Cahyani
Fransiska Goretti Sitorus
Rahmawati
Logo Apotek



Gambaran Lokasi Apotek
Beriku lokasi Apotek yang merupakan gambaran letak Apotek dasidira farma (ruko yang berwarna kuning)




BAB II
PROYEK YANG DIUSULKAN


2.1 GAMBARAN PROYEK YANG DIUSULKAN
Ide usaha yang ingin kami kembangkan ini adalah pendirian usaha Apotek yang mana bergerak di bidang kesehatan, khususnya kefarmasian. Dimana Apotek kami akan memberikan layanan kesehatan, dan memenuhi permintaan obat dari para pasien dan masyarakat yang membutuhkan. Disini kami akan menjamin kejujuran, kebenaran, dan keakuratan dari produk obat yang di jual karena Apotek kami menggunakan jasa apoteker yang teruji serta selalu menjunjung tinggi kejujuran dalam melaksanakan pekerjaan dalam usaha untuk memberi pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat.

2.2 ASPEK TEKNIS/ PRODUKSI/ OPERASI
A. Produk
Uraian ciri-ciri produk :
Tentunya sebuah apotek akan memproduksi obat-obatan yang duracik oleh seorang apoteker, dimana pada Apotek yang akan kami dirikan ini menyediakan berbagai macam obat yaitu obat wajib apotek, obat bebas, obat resep generik, dan obat resep paten.
Kegunaan utama produk :
Kegunaan utama produk yaitu menghasilkan produk obat yang berkualitas untuk menyembuhkan penyakit yang diderita pasien dan masyarakat. Dan untuk sampai saat ini belum ada kegunaan sampingan dari produk obat-obatan. Karena sisa obat yang tak terpakai harus dibuang sesuai dengan aturan pengolaan limbah yang ada.
B. Lokasi
Lokasi yang kami pilih dalam menjalankan usaha Apotek ini adalah di Jl. Baru Air Sebakul, No.80, RT.09, RW. 02, Kel. Pagar Dewa, Kec. Selebar Kota, Bengkulu.
Adapun beberapa alasan kami memilih lokasi ini adalah sebagai berikut:
·         Letaknya sangat strategis
·         Merupakan wilayah yang padat penduduk
·         Belum ada apotek di daerah lokasi ini, sehingga masyarakat sekitar harus menempuh jarak yang lumayan jauh untuk mendapatkan obat-obatan apotek.
·         Daerah ramai, berada di tepi jalan sehingga mudah terjangkau

C. Sarana dan Prasarana
Deskripsi Bangunan Apotek
·         Luas bangunan apotek yaitu 7 X 15 m kubik.
·         Bangunan Apotek terdiri dari : ruang pelayanan, ruang tunggu, ruang  peracikan yang dilengkapi dengan tempat pencucian alat-alat, ruang penyimpanan obat, ruang kerja apoteker, gudang, tempat administrasi, kamar mandi, toilet dan tempat parkir.
·         Bangunan dilengkapi dengan penerangan, sumber air, ventilasi, dan sanitasi yang baik, tempat sampah dan  Alat pemadam kebakaran
·         Papan nama terdiri dari nama Apotek dan papan nama Apoteker Pengelola Apotek, dan nomor  SIA terpasang dengan jelas.

Perlengkapan
Adapun perlengkapan yang dibutuhkan dslam menunjang pendirian usaha Apotek ini adalah sebagai berikut:
·         Alat pembuatan, pengolahan dan peracikan
·          Alat perbekalan farmasi
·         Wadah pengemas dan pembungkus
·         Alat administrasi

Perbekalan Farmasi
Seperti yang telah dijelaskan diatas perbekalan farmasi tentunya berupa obat-obatan. Dimana obat  yang akan disediakan diapotek kami yaitu obat wajib apotek, obat bebas, obat resep generik, dan obat resep paten.

Kelengkapan buku pedoman
Dalam pendirian usaha Apotek kami memiliki beberapa buku pedoman sebagai acuan dalam pembuatan obat oleh Apoteker kami
Buku standar apotek yang wajib :
1.      Farmakope Indonesia edisi terakhir
2.      Kumpulan peraturan / UU
Buku lainnya :
1.      IMMS, ISO edisi terbaru
2.      Pharmakologi dan terapi

D. Limbah
Ada berbagai macam limbah yang dihasilkan atara lain:
·         Limbah domestik ditampung pada bak khusus, cairannya dialirkan ke Instalasi Pengolahan Limbah Sentral, sedangkan padatannya diendapkan dan dilakukan penyedotan setiap sekali setahun.        
·         Limbah sisa produksi Betalaktam ditampung pada kolam khusus, untuk selanjutnya dilakukan treatment pemecahan cincin betalaktam dengan menambahkan larutan NaOH Teknis, kemudian dialirkan ke Instalasi Pengolahan Limbah Sentral.
·         Limbah Non-Betalaktam  dialirkan ke Instalasi Pengolahan Limbah Sentral ditampung pada bak utama, disatukan dengan limbah lainnya, untuk kemudian dialirkan ke bak 2 dan 3 yang berisi bakteri anaerob, kemudian dialirkan ke bak 4 untuk di aerasi dan penguraian oleh bakteri aerob, selanjutnya air pengolahan limbah dialirkan ke bak sedimentasi, lalu ke bak yang berisi ikan sebagai indikator hayati

2.3          ASPEK PEMASARAN
a.       Gambaran umum
Produk yang dipasarkan         : obat-obatan
Cakupan pemasaran                : Daerah kelurahan Jitra kecamatan Teluk Segara dan sekitarnya. Serta pasien rumah sakit bhayangkara
b.      Peluang pasar
Kita ketahui bahwa sekarang banyak masyarakat yang kehilangan kepercayaan dengan badan kesehatan karena banyaknya obat-obatan palsu yang beredar. Masyarakat membutuhkan penyedia obat yang jujur dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka. Sehingga kami hadir dengan memberikan pelayanan serta kepercayaan kepada pelanggan bahwa kami menjualbelikan serta memproduksi obat-obetan yan sesuai peraturan dan akurat.
Kemudian di daerah lokasi pendirian apotek kami masih sering terjadi kekurangan obat-obatan, sehingga mereka harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan. Maka dari itu peluang pasar usaha Apotek ini sangat besar sekali apabila didirikan di lokasi yang tepat.
c.       Persaingan dan Strategi Bersaing
Dalam pendirian usaha tentunya kita memiliki pesaing, namun kami telah memiliki beberapa strategi dalam bersaing, antara lain sebagai berikut:
·         Dari Segi Produk
Produk obat yang kami hasilkan terjamin keabsahan dan keakuratannya, kemi memproduksi (meracik) obat-obatan sesuai aturan yang ada dan seusi resep yang diberikan oleh dokter. Tanpa mengurangi bahan, serta selalu menjunjung kualitas obat tersebut.
·         Dari Segi Harga
Kami juga menetapkan harga yang sesuai dengan obat yang ditawarkan tanpa mengambil untung yang berlebihan, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat dan apa yang masyarakat terima worth it  dengan uang yang mereka keluarkan.
·         Dari Segi Jalur Penjulan
Dari segi jalur Penjualan, kami melakukan kerja sama dengan beberapa dokter dan rumah sakit bhayangkara. Selain itu kami memiliki beberapa mitra kerja yang mampu membuka channel dari Apotek yang kami dirikan ini
·         Selain itu di apotek yang kami dirikan ini, apteker selalu stand by sehingga memudahkan pasien apabila ingin sedikit berkonsultasi atau bertanya-tanya., serta memberikan informasi obatyang jelas dan lengkap.

2.4 ASPEK MANAJEMEN
A. Tenaga Kerja atau Karyawan
Untuk dapat mengelola sebuah apotek diperlukan tenaga kerja yang sesuai di bidang, oleh karenanya diperlukan pengelolaan SDM yang efektif dan efisien sehingga tujuan apotek dapat tercapai. Apotek Dasidira Farma merekrut karyawan sebagai berikut:
·         Apoteker                                             1 orang
·         Apoteker Pendamping                                    1 orang
·         Asisten Apoteker (AA)                       2 orang
·         Tenaga Administrasi                           1 orang
·         Tenaga Umum                                     2 orang
Pengrekrutan karyawan dilakukan sesuai kebutuhan dan perkembangan apotek kami  kedepannya, untuk tahun pertama jumlah karyawan kami sebanyak 5 orang yaitu : seorang apoteker, seorang apoteker pendamping, seorang tenaga administrasi/ keuangan dan 2 orang asisten apoteker.
Apotek Dasidira Farma buka setiap hari kerja (Hari libur nasional tutup) dan buka selama 24 jam.
Pembagian tugas karyawan sebagai berikut  :
Shift Pagi                  :  06.30  -  16.00
Shift Sore                  :  16.00  -  23.00
Shift Malam              :  23.00    06.30
B. Struktur Organisasi

C. Analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat)
1. Strength ( Kekuatan)
·         Dasidira Farma telah memiliki perizinan, kewajiban pajak, serta retribusi usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga bila ada pemeriksaan dari petugas maka Apotek Dasidira Farma telah mengantongi izin usaha
·         Tempat/ ruang tunggu pasien nyaman, dilengkapi televise, kipas angin, dan juga dilengkapi dengan tempat parker kendaraan.
·         Mempunyai karyawan yang ramah dan memiliki pengetahuan umum tentang obat dan juga ada apoteker yang selalu stand by untuk konsultasi, selain itu di lantai atas terdapat praktek dokter umum
·         Apotek kami buka 24 jam, sehingga memungkinkan para pasien untuk membeli obat kapan saja ketika mereka membutuhkan.
·         Memiliki kontak nomor telepon untuk pemesanan sehingga pelanggan tidak harus datang ke apotek

2. Weakness (Kelemahan)
·         Karyawan terbilang masih sedikit, sehingga pelanggan terkadang harus menunggu cukup lama.

3. Opportunity (Kesempatan)
·         Tempat usaha yang strategis, dimana belum ada apotek disekitar sana serta berdekatan dengan prakter dokter yan berada di lantai atas.
·         Memiliki mitra kerja yang baik, dan bekerjasama dengan beberapa dokter yang ada di Bengkulu
·         Harga sesuai pasar, tidak memberikan keuntungan sepihak bagi pihak-pihak tertentu.

4. Threat ( Ancaman)
·         Kemungkinan adanya apotek-apotek baru yang tentunya akan menjadi pesaing nantinya
·         Social budaya, dengan adanya puskesmas gratis dll, merubah pemikiran masyarakat bila merasakan sakit ringan untuk langsung periksa ke puskesmas daripada membeli obat di apotek sebagai pengobatan pertama




a.      ASPEK KEUANGAN
Modal diperoleh dari kerja sama antara :
1.        Pemilik sarana Apotek                                         Rp.100.000.000,00
2.         Mukarommah Dita Putri. S.farm., Apt.               Rp.  20.000.000,00

      MMODAL AWAL


a.    Modal Tetap


1.      Pembangunan apotek (+ instalasi listrik dan air)
Rp.
70.000.000,00
2.      Sarana Fisik


-          1 Buah almari pendingin
Rp.
900.000,00
-          8 Buah almari obat/ etalase
Rp.
7.500.000,00
-          1 Buah almari narkotik/psikotropik
Rp.
300.000,00
-          1 buah lemari bahan berbahaya
Rp.
300.000,00
-          1 Buah kursi kasir
Rp.
100.000,00
-          1 Buah kipas angina
Rp.
300.000,00
-          1 Buah TV 14’
Rp.
400.000,00
-          1 buah kendaraan (motor)
Rp.
10.000.000
-          1 Set kursi tunggu
Rp.
800.000,00
-          1 Buah dispenser
Rp.
100.000,00
-          1 buah kompor/pemanas
Rp.
100.000,00
-          1 buah lemari pengering
Rp.
300.000,00
-          1 buah billboard nama apotek
Rp.
100.000,00
-          1 buah alat pemadam kebakaran
Rp.
300.000,00
-          Sumber air
Rp.
300.000,00
-          3 buah panic
Rp.
100.000,00
-          1 Set gelas plastic
Rp.
10.000,00
-          1 Buah timbangan badan
Rp.
60.000,00
-          3 Buah tempat sampah
Rp.
30.000,00
-          2 Buah jam dinding
Rp.
50.000,00
-          Alat-alat kebersihan
Rp.
50.000,00
-          3 Buah papan nama
Rp.
500.000,00
Jumlah :
Rp.
22.600.000,00

3.      Sarana Administrasi


-          1 Mesin fak + telepon
Rp.
1.000.000,00
-          1 Set computer + program
Rp.
5.000.000,00
-          1 Set mesin kasir
Rp.
2.000.000,00
-          Kalkulator
Rp.
100.000,00
-          Nota, kwitansi, SP, dll
Rp.
250.000,00
-         Stampel, tinta + bantalan
Rp.
60.000,00
-         Alat tulis
Rp.
40.000,00
-          Buku defekta, pesanan, penerimaan faktur     dating
Rp.
80.000,00
-          Kartu stock, catatan resep, copy resep
Rp.
100.000,00
-          Blanko laporan narkotika dan psikotropika
Rp.
20.000,00
-          Daftar harga obat
Rp.
20.000,00
-          Lem, gunting, isolasi
Rp.
15.000.00
Jumlah :
Rp.
8.685.000,00



4.      Sarana pelayanan


-          1 Set timbangan + Validasi
Rp.
2.500.000,00
-          1 Buah meja racik
Rp.
500.000,00
-          2 Buah kursi racik
Rp.
100.000,00
-          1 Buah kursi layanan
Rp.
300.000,00
-          Tempat cuci alat-alat
Rp.
100.000,00
-          3 Pasang mortir dan stamper
Rp.
450.000,00
-          Pot salep, botol, dan kapsul
Rp.
70.000,00
-          Kertas perkamen
Rp.
20.000,00
-          Pengaduk, alat gelas dan pipet
Rp.
100.000,00
-          Corong
Rp.
50.000,00
-          labu erlemeyer
Rp.
100.000,00
-          cawan penguap
Rp.
100.000,00
-          kertas puyer
Rp.
50.000,00
-          Plastik obat
Rp.
100.000,00
-          Wadah pengemas sekunder (identitas apotek)
Rp.
300.000,00
-          Lap
Rp.
10.000,00
-          Etiket
Rp.
20.000,00
-          Buku-buku standard apotek
Rp.
750.000,00
-         Alat keshatan (tensimeter, alat cek gula darah, termometer)
Rp.
   300.000,00
Jumlah :
Rp.
5.920.000,00
5.      Biaya perijinan
Rp.
5.000.000,00
b.    Modal operasional (obat)
Rp.
40.000.000,00
Total Modal dibutuhkan :
Rp.
152.205.000,00
Modal yang telah diperoleh                                           Rp.         120.000.000,00       
Kekurangan Dana                                                          Rp.           32.205.000,00


RENCANA ANGGARAN TAHUNAN
1.      Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahun ke-1
(RAPB th-1)
a.      Biaya Rutin Per-bulan tahun ke-1


1.)    Biaya Gaji Karyawan


-          Apoteker Pengelola Apotek
Rp.
1.500.000,00
-          Apoteker Pendamping
Rp.
1.300.000,00
-          Asisten Apoteker 2 X Rp. 700.000,00
Rp.
1.400.000,00
-          Administrasi
Rp.
800.000,00
Jumlah :
Rp.
5.000.000,00
2.)    Biaya lain-lain


-          Biaya pemeliharaan gedung dan peralatan
Rp.
200.000,00
-          Biaya listrik dan air
Rp.
200.000,00
-          Biaya telepon
Rp.
200.000,00
-          Biaya Koran dan majalah kesehatan
Rp.
60.000,00
-          Biaya pemeliharaan dan penyusutan bangunan dan peralatan/ perlengkapan
Rp.
200.000,00
Jumlah :
Rp.
860.000,00
Total biaya rutin per bulan:
Rp.
5.860.000,00
b.      Biaya Rutin Tahun ke-1


-         Biaya rutin bulanan 12 x  Rp. 5.860.000,00
Rp.
70.320.000,00
-        Tunjangan Hari Raya (THR) : 1 bulan gaji
Rp.
5.000.000,00
Total Biaya Rutin Tahun ke-1
Rp.
75.320.000,00

a.      Proyeksi Pendapatan tahun pertama


Tahun pertama, deperkirakan jumlah resep yang masuk rata-rata 25 lembar perhari dengan harga rata-rata Rp. 50.000,00. Pendapatan tahun pertama :
Penjualan Resep


26 x 12 x 25 resep x Rp. 50.000,00
Rp.
390.000.000,00
Penjualan Obat Bebas (HV)


26 x 12 x Rp. 350.000,00
Rp.
109.200.000,00
Penjualan OWA


26 x 12 x Rp. 100.000,00
Rp.
31.200.000,00
Total Pendapatan :
Rp.
530.400.000,00
b.      Pengeluaran Tahun I


Pembelian obat (generic dan paten )
Rp.
249.600.000,00
Pembelian HV (obat bebas)
Rp.
92.820.000,00
Pembelian OWA
Rp.
24.960.000,00
Biaya Rutin Tahun I
Rp.
75.320.000,00
Total Pengeluaran:
Rp.
442.700.000,00





a.      Perkiraan laba rugi Tahun I


Pemasukan
Rp.
530.400.000,00
Pengeluaran
Rp.
442.700.000,00­
Laba Bruto
Rp.
87.700.000,00
Pajak pendapatan (10%)
Rp.
8.770.000,00
Laba Bersih
Rp.
78.930.000,00

Keterangan
Nominal
I.                   AKTIVA
A.    Aktiva lancar
Kas
Persediaan
Total aktiva lancar
B.     Aktiva tetap
Gedung Apotek
1 almari pendingin
8 almari obat
1 almari narkotik
1 lemari bahan berbahaya
1 kursi kasir
1 kipas angin
1 TV 14’
1 Kendaraan (motor)
1 set kursi tunggu
1 dispenser
1 kompor/pemanas
1 lemari pengering
1 billboard nama apotek
1 alat pemadam kebakaran
Sumber air
3 buah panic
1 set gelas plastic
1 timbangan badan
3 buah tempat sampah
2 jam dinding
Alat-alat kebersihan
3 papan nama
1 mesin fak + telepon
1 set computer + program
1 set mesin kasir
Kalkulator
Daftar harga obat
1 set timbangan + validasi
1 meja racik
2 kursi racik
1 kursi layanan
Tempat cuci alat-alat
3 pasang mortir dan stamper
Pengaduk, alat gelas dan pipet
Corong
Labu erlemeyer
Cawan penguap
Lap
Etiket
Buku-buku standard apotek
Alat kesehatan
Total aktiva tetap
C.     Investasi praoprasi
Perizinan
Instalasi listrik
Instalasi air
Total investasi praoperasi
Total aktiva

II.                Kewajiban dan modal
A.    Kewajiban lancar
Total kewajiban lancar
B.     Kewajiban tidak lancar
Total kewajiban lancar
Total kewajiban
C.     Modal
Modal pemilik
Total modal
Total modal dan kewajiban


-
Rp.    41.105.000
Rp.    41.105.000

Rp. 66.500.000
Rp.       900.000
Rp.    7.500.000
Rp.       300.000
Rp.       300.000
Rp.       100.000
Rp.       300.000
Rp.       400.000
Rp. 10.000.000
Rp.       800.000
Rp.       100.000
Rp.       100.000
Rp.       300.000
Rp.       100.000
Rp.       300.000
Rp.       300.000
Rp.       100.000
Rp.         10.000
Rp.         60.000
Rp.         30.000
Rp.         50.000
Rp.         50.000
Rp.       500.000
Rp.    1.000.000
Rp.    5.000.000
Rp.    2.000.000
Rp.       100.000
Rp.         20.000
Rp.    2.500.000
Rp.       500.000
Rp.       100.000
Rp.       300.000
Rp.       100.000
Rp.       450.000
Rp.       100.000
Rp.         50.000
Rp.       100.000
Rp.       100.000
Rp.         10.000
Rp.         20.000
Rp.       750.000
Rp.       300.000
Rp. 102.600.000

Rp.    5.000.000
Rp.    2.650.000
Rp.        850.000
Rp.    8.500.000
Rp. 152.205.000



Rp. 32.205.000

-
Rp. 32.205.000

Rp. 120.000.000
Rp. 120.000.000
Rp. 152.205.000

 
                    =  Rp. 78.930.000,00 : Rp. 272.205.000  X 100%
                    = 28,99%
 
                     = Rp. 75.320.000,00 : Rp. 87.700.000,00 X 100%
                     = 85,88%
NPV = Kas masuk – total kas keluar
                     = Rp. 530.400.000,00 –Rp.  442.700.000,00
                     = Rp. 87.700.000,00
 
                  = 152.205.000,00 : 78.930.000,00
                  = 1,9 Tahun

Rasio Laba Rugi Pemilik
Rincian modal pemilik ( masing –masing pemilik memberikan dana sebesar Rp. 25.000.000) dan modal dari apoteker sebesar Rp. 20.000.000, walaupun sumbangan modal dari apoteker tidak sama dengan modal dari masing-masing pemilik, namun untuk rasio laba ruginya adalah sebesar 1:1:1:1:1 karena apoteker ikut terjun langsung mrngurusi atau menjalankan usaha apotek ini.




BAB III
PENUTUP


Berdasarkan analisa situasi dan dengan memperhatikan studi kelayakannya, maka pendirian Apotek Dasidira Farma di Jl. Ahmad yani no.80  RT.12  RW.02  kel. Jitra , kec. Teluk Segara Bengkulu mempunyai prospek baik untuk berkembang menjadi apotek yang besar dan terpercaya. Besar harapan kami agar pihak anda berkenan untuk memenuhi kebutuhan dana kami yang belum bisa terpenuhi yang telah tertera penjabarannya pada proposal ini.
























4 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya, berguna sekali untuk saya yang akan membuat proposal ke PSA

    BalasHapus
  2. proposal nya menarik sekali.bisa jd ajuan untuk membuat tugas qulyah saya

    BalasHapus
  3. Terimakasih kak, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.

    BalasHapus

resume sosioogi hukum

 Sosiologi Hukum Sosiologi hukum adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial lainnya secara ...